Variabel Random

Variabel random adalah fungsi dari outcome suatu random eksperimen, dalam bahasa matematisnya adalah fungsi yang dominannya sample space Ω, sedangkan spacenya Rx subset dari gugus bilangan real. Secara matematis  X : Ω  → R 
Suatu Variabel random X dikatakan diskrit jika range dari X merupakan himpunan berhingga (finite) atau tak berhingga tetapi terbilang (unfinite countable). Sedangkan jika tidak terbilang (uncountable) maka dinamakan kontinu.
 
Variabel Random Diskrit

Variabel acak X dikatakan diskrit, jika himpunan semua nilai yang mungkin dari X, yaitu X1,X2, ... ,Xn atau X1,X2 merupakan himpunan terhitung (countable). Fungsi yang berbentuk  disebut fungsi kepadatan probabilitas diskrit untuk X atau disingkat pdf. Suatu fungsi f adalah pdf dari variabel acak diskrit jika dan hanya jika memenuhi sifat-sifat berikut :
1.   F(Xi) ≥ 0 untuk setiap Xi
2.   Σ semua Xf (Xi) = 1

Fungsi kepadatan probabilitas selain dapat dinyatakan dengan persamaan, dapat juga dinyatakan secara tabel dan grafik. Fungsi distribusi kumulatif (CDF) dari X adalah F (x) = P (X ≤ x ) untuk sembarang bilangan real x. Jadi F (x) menyatakan peluang kejadian X É› (-∞,x ]. Untuk variabel random diskrit, grafik dari F (x)  berupa fungsi tangga. 
Sifat - sifat CDF
1.  Lim x - F (x)  = 0
2.  Lim x - F (x) = 1
3.  Lim h0+ F (x + h) = F (x)
4.  Jika a < b maka F (a) < F (b)
Jika a < b maka (-∞,b] = (-∞,b] u (a,b] , kedua interval saling asing sehingga diperoleh
P (a < x ≤ b) = P ( x ≤ b) - P(x ≤ a) = F(b) - F(a)




Variabel Random Kontinu
Suatu variabel acak X dikatakan kontinu, jika nilai-nilai dari X menjalani bilangan-bilangan pada suatu interval. Suatu fungsi f(x) adalah pdf dari variabel acak kontinu X jika dan hanya jika memenuhi sifat-sifat berikut:
1. F(x) 0, untuk setiap bilangan real x
2. ∞ -F (x) dx =1
Fungsi distribusi kumulatif (CDF) dari variabel acak kontinu adalah F(X) = ∞ -∞ f(x)dt. Untuk variabel random kontinu , grafik dari F (X) berupa fungsi kontinu

 
Hubungan antara F(X) atau CDF dengan f(x) atau pdf



Jika x diskrit dimana F(x) = P(X ≤ x) maka hubungan antara F(X) dengan f(x) dinyatakan dengan
F(x) = Σ w ≤ x f (w) 
Jika x kontinu dimana F(x) = P(X ≤ x) maka hubungan antara F(X) dengan f(x) dinyatakan dengan

F(x) = - f (w)dw




 

Industrial Engineering Blog © 2014 | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templateism.com