Intro of Statistic

Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil hipotesa berdasarkan hasil kesimpulan.
Dalam statistika terbagi 2 yaitu :
1.Statistika Deskriptif,
Statistika deskriptif adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data
2.Statistika Induktif (Inferens),
Statistika inferens adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dan mengambil keputusan

Fungsi statistika itu sendiri adalah secara singkat dapat dikemukakan bahwa statistika sebagai ilmu pengetahuan yang pada dasarnya berfungsi sebagai alat bantu. misalnya: 
(a) Sebagai alat bantu untuk meringkas laporan, baik laporan administratip maupun laporan hasil penelitian ilmiah, yang berupa atau terdiri dari angka-angka atau bilangan-bilangan; 
(b) Sebagai alat bantu di dalam menyusun perencanaan, terutama perencanaan yang memerlukan bahan-bahan keterangan yang berupa angka-angka; 
(c) Sebagai alat bantu di dalam mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap suatu gejala, peristiwa atau keadaan, dan lain sebagainya.

Sementara kegunaan statistika itu sendiri adalah sebagai ilmu pengetahuan yaitu: 
(a) Untuk menggambarkan keadaan, baik secara umum amupun secara khusus; 
(b) Untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan (pasang-surut) dari waktu ke waktu; 
(c) Untuk mengetahui permandingan (membandingkan) antara gejala yang satu dengan gejala yang lain; 
(d) Untuk menilai keadaan dengan jalan menguji perbedaan antara gejala yang satu dengan gejala yang lain
(e) Untuk menilai keadaan dengan jalan mencari hubungan antara gejala yang satu dengan gejala yang lain; 
(f)  Untuk menjadi dasar atau pedoman, baik di dalam menarik kesimpulan, mengambil keputusan, serta memperkirakan terjadinya sesuatu hal atas dasar bahan-bahan keterangan (data) yang telah berhasil dihimpun, dan lain sebagainya.

Statistik dipelajari di berbagai bidang ilmu karena statistika adalah sekumpulan alat analisis data yang dapat membantu pengambil keputusan untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan pada analisis data dari data yang di kumpulkan. Selain itu juga dengan statistika kita bisa meramalkan keadaan yang akan datang berdasakan data masa lalu.

Dalam pengertian dasar statistika terdapat sampling, sample,populasi dan elemen. Sampling adalah proses pengambilan data atau memilih n buah dari populasi yang berukuran N. Sementara sample adalah bagian dari polulasi. Sedangkan popualsi adalah sekelompok orang,kejadian atau benda yang dijadikan objek penelitian. Dan elemen adalah anggota populasi dimana sampel diambil.

Bahan ajar elearning (klik)

Industrial Engineering Blog © 2014 | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templateism.com