Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah struktur pasar di mana terdapat cukup banyak perusahaan yang menjual produk-produk yang mirip satu sama lain, namun tidak identik. Teori pasar persaingan monopolistik dikembangkan karena ketidakpuasan terhadap daya analisis model persaingan sempurna maupun monopoli. Model ini dikembangkan oleh Joan Robinson (ekonom Inggris) dan Edward Chamberlain (ekonom USA). Struktur pasar hampir sama dengan persaingan sempurna, namun produk yang dihasilkan tidak homogen, melainkan terdiferensiasi Diferensiasi ini mendorong perusahaan untuk melakukan persaingan non harga. Output yang dihasilkan sangat mungkin saling menjadi substitusi. Karakteristik pasar persaingan monopolistik yaitu produk terdiferensiasi, jumlah perusahaan banyak dalam industri dan bebas masuk dan keluar pasar.

Untuk lebih jelasnya silahkan download disini

Industrial Engineering Blog © 2014 | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templateism.com