Manajemen pemasaran sacara umum adalah proses memasarkan produk dan jasa dalam memenuhi kebutuhan dan meberikan kepuasan kepada konsumen. Arti lain manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Beberapa istilah yang sangat penting dalam
konteks pemasaran yang disebut 4P (MC Carthy, 1960) yaitu :
a. Product (produk)
Kombinasi barang dan jasa yang
ditawarkan kepada pasar
b. Price (harga)
Sejumlah
uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk. Perusahaan
biasanya menyarankan harga penjualan kepada dealer namun daeler itu sering
menentukan harga sendiri
c. Place ( tempat)
Mencakup
semua kegiatan perusahaan yang mengusahakan agar produknya tersedia bagi
konsumen yang dituju.untuk keperluan sehari hari
d. Promotion (promosi)
Berarti
semua kegiatan perusahaan produsen untuk meningkatkan mutu produknya dan
membujuk merayu konsumen agar membeli produknya
Berikut bahan materi manajemen pemasaran
Chapter 1
Chapter 2
Chapter 3
Chapter 4
Chapter 5