Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran sacara umum adalah proses memasarkan produk dan jasa dalam memenuhi kebutuhan dan meberikan kepuasan kepada konsumen. Arti lain manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran yang disebut 4P (MC Carthy, 1960) yaitu :
a.      Product (produk)
         Kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan kepada pasar
b.     Price (harga)
Sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk. Perusahaan biasanya menyarankan harga penjualan kepada dealer namun daeler itu sering menentukan harga sendiri
c.     Place ( tempat)
Mencakup semua kegiatan perusahaan yang mengusahakan agar produknya tersedia bagi konsumen yang dituju.untuk keperluan sehari hari
d.     Promotion (promosi)
Berarti semua  kegiatan perusahaan produsen untuk meningkatkan mutu produknya dan membujuk merayu konsumen agar membeli produknya


Berikut bahan materi manajemen pemasaran
Chapter 1
Chapter 2
Chapter 3
Chapter 4
Chapter 5

Industrial Engineering Blog © 2014 | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templateism